Breaking

Thursday, August 30, 2018

Strategi Pemerintah Dorong Pelaku UMKM Mulai Berjualan Online

Ayo UMKM Online
Ayo UMKM Online (Image by : liputan6.com)
Upaya pemerintah untuk mendorong pelaku Usaha kecil, Mikro, dan Menengah terus digalakkan, karena pemerintah menggelar program yang bertema UMKM Jualan Online
Dalam program ini, kementerian yang terlibat mengajak sejumlah pelaku e-Commerce yang ada di Indonesia untuk berpartisipasi. Adapun e-Commerce yang terlibat adalah Tokopedia, Lazada Shopee, Bukalapak, Blanja.com dan Blibli.
Menurut Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Lis Sutjiati pelaku UMKM digadang sebagai pahlawan ekonomi digital Indonesia. Karena, sebelum era digital dimulai, para pelaku UMKM sudah menjadi penopang ekonomi Nasional.
Dengan dibukanya akses digital ini, membantu para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya ke lebih besar. Tak hanya pasar nasional, tapi juga pasar global yang tentunya dapat meningkatkan pendapatan.
Lebih lanjut ia menuturkan, program yang menggandeng e-Commerce ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM untuk lebih berkembang dengan sejumlah program bimbingan.
Program yang diadakan dalam bentuk workshop dengan sekitar 376 acara dan diselenggarakan di 70 kota di Indonesia. Kehadiran program ini juga tak lepas informasi yang dirilis oleh McKonsey global Institute.
Berdasarkan data tersebut, nilai transaksi UMKM yang beralih ke online akan berkembang dua kali cepat. Namun, di Indonesia sendiri baru ada, 3,97 juta dari 59,9 juta UMKM yang mulai beralih online. Di sisi lain, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia makin besar dan 78 persen di antaranya bertransaksi online.

Program Serupa Hasil Kerja Bukalapak dan Kemkominfo

Penyerahan penghargaan oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Septriana Tangkary dan diterima oleh Community Program and Partnership Manager Bukalapak Brihaspati Yogarudha (Image by : Bukalapak)
Sekedar informasi, program semacam ini memang terus digalakkan oleh pemerintah. Sebelumnya, juga ada Bukalapak yang bekerjasama dengan Direktora Pemberdayaan Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia. Komitmen tersebut ditunjukan dengan menggelar roadshow edukasi agar pelaku UMKM dapat berjualan secara online. Kerjasama ini sekaligus bentuk dukungan Bukalapak kepada pemerintah, lewat program Kemenkominfo yaitu "UMKM Go Online" diseluruh Indonesia.

Ajak UKM Jualan Online, Lazada Bidik 28 Kota Tahun Ini

CMO Lazada (Image by : Liputan6.com)
Tak hanya bukalapak, Lazada juga memiliki program serupa. Awal tahun ini, Head of Sales Engagement mengatakan pihaknya akan meneruskan program edukasi seller bertajuk Lazada UpgradeUKM Roadshow. di 11 kota. Tahun ini kami akan bidik 28 kota, dengan 18 kota baru dan 11 kota yang sudah dikunjungi sebelumnya.
Tujuan Radshow ini tak lain adalah mengajak dan mengedukasi UKM untuk pindah berjualan dari Offline ke Online.

Sumber : Liputan6.com