Breaking

Thursday, June 27, 2019

Batok Kelapa 'Disulap' jadi Cincin hingga Kalung Bernilai Tinggi

Kerajinan Batok Kelapa
Foto : Doc. Sayak
Memanfaatkan limbah untuk dijadikan komoditas bukan lagi menjadi hal yang mustahil.  Limbah yang bagi sebagian orang tak berharga bahkan bisa disulap menjadi produk yang laku dijual di pasaran.

Seperti Fadli Lidra (28) yang memanfaatkan limbah batok kelapa dijadikan ragam aksesoris mulai dari cincin hingga kalung. Limbah batok kelapa yang di daerahnya dibuang begitu saja diambli dan dibuatnnya naik kelas.

Dari bahan baku tersebut ia memilih nama Sayak yang berarti batok kelapa. Tak ada modal yang dirogoh Fadli memulai bisnis ini di 2015 lalu.

Batok kelapa begitu mudah ditemui di sekitar tempat tinggalnya, Payakumbuh Sumatera Barat. Setelah daging kelapa diolah menjadi santan untuk campuran masakan, batok kelapa dibuang dan kemudian dimanfaatkannya untuk menjadi aksesoris.

Fadli menceritakan proses pembuatan cincin hingga kalung dari batok kelapa. Batok kelapa yang tak lagi dipakai dibersihkan dan diampelas hingga halus.

Ia melayani pesanan sesuai permintaan pembeli atau custom. Lama pembuatannya juga tergantung dari kesulitan yang dikerjakan.

Pihaknya melayani pesanan cincin, kalung, gantungan kunci hingga tas baik dalam jumlah besar maupun eceran. Jika pesanan datang dalam jumlah besar, ia meminta bantuan teman-temannya untuk membuat kerajinan dari batok kelapa tersebut.

Harga produk yang dijual pun beragam. Misalnya saja untuk cincin polos mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 900.000 untuk kalung bermotif tengkorang.

Cincin hingga kalung Sayak.co sudah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia. Fadli bahkan pernah memasarkan produknya langsung di Jakarta dan Bali. Produk tersebut ditawarkan langsung kepada para turis.

Setiap bulannya, ia bisa menjual ratusan cincin hingga kalung berbahan dasar batok kelapa. Omzet yang bisa ia kantongi paling besar mencapai Rp. 10 juta.

Bagi yang tertarik membeli produk Sayak.co bisa langsung memesannya lewat Instagram di www.instagram.com/sayak.co

Sumber : Detik.com

16 comments:

  1. Bagus ya jadinya, kreatif banget ... semoga semakin berkembang ... mksh artikelnya gan

    ReplyDelete
  2. Akhirnya sampah seperti batok kelapa bisa dimanfaatkan kembali,,:-)

    ReplyDelete
  3. wah sangat rumit nih min, unik and menarik artikel nya nih, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  4. Bisa nih jadi inspirasi. Apalagi di desa saya produsennya. Dulu saya pernah buat kerajinan, tapi "ajur" ๐Ÿ˜…
    Izin nyomot idenya gan๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  5. wah saya penasaran nih, kira-kira bakal lapuk nggak itu cincinnya? kan terbuat dari kelapa ya yg harusnya bakal membusuk seiring berjalannya waktu

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya barang" yang ada disekitar kita bisa diubah menjadi barang dengan nilai harga yang lumayan tinggi.

    ReplyDelete
  7. Karya seni yang luar biasa. Batok kelapa yang biasanya hanya di jadikan arang sate. Tapi ditangan seniman, disulap jadi maha karya bernilai tinggi.

    ReplyDelete
  8. Kerajinan ini dah lama bgt saya tau, pertama kali tau batok bisa di buat cicncin, gelang dll, berawal dari teman nongkrong alumni salah satu lapas di jatim..
    Dy dapat ilmu krajinan batok kelapa pas pembinaan di lapas..

    ReplyDelete
  9. wah saya mau buat nih, modal dikit bisa dijual lagi

    ReplyDelete
  10. Satu frekuensi nih kak.. Saya juga suka bikin" kerajinan kayak gitu.. Tapi mau buat usaha belom ada tindak lanjutnya bang.. Semoga sukses terus ya bang usahanya.. Salam kreasii

    ReplyDelete
  11. Kreatif sekali ya, hasilnya juga bagus kalau dilihat dari gambar yang tersedia. Menyulap sesuatu yang terlihat sepele jadi bernilai itu keren sekali.

    ReplyDelete
  12. wih keren cincinnya, tapi gimana cara buatnya ya kan batok nya besar apa dipotong lalu disambung/

    ReplyDelete
  13. Dari hal sederhana, bisa jadi luar biasa. Keren gan idenya, bisa jadi ladang bisnis baru nih buat anak-anak muda seperti saya khususnya

    ReplyDelete
  14. Bermanfaat, banget ilmu baru dari batok kelapa sering liat terbengkalai dapat berubah jadi benda yang memiliki nilai

    ReplyDelete
  15. Jadi penasaran hasil produknya seperti apa. Kepoin IG'a deh..

    Menarik nih dari limbah bisa jadi handy craft*

    ReplyDelete
  16. Batok kelapanya jafi cantik. Bener2 krearif .

    Salam
    Neni

    ReplyDelete

Buletin Ads

loading...