Breaking

Thursday, July 18, 2019

Kerajinan Kerang Magelang Tembus Pasar Internasional

buletincraft
Kerajinan Kerang (Pic : Eko Susanto)
Kerajinan kerang laminasi dari UMKM Kota Magelang ini menembus pasar Internasional. rencananya kerajinan ini akan ikut dalam pameran Inacraft di Jakarta pada April 2019, mendatang.

Pemilik kerajinan laminasi, Prajoko (55) mengakui, usaha yang dirintisnya dimulai dari nol. Sebelum memulai usahanya di Magelang, Prajoko mengawali sebagai pedangan buku di Bali periode 1995 - 1997.

"Pada tahun 1997, saya di Bali berdagang menyuplai untuk penjual kerajinan Salah satunya kerang laminasi ini," katanya saat ditemui di rumahnya Jalan Ketepeng II/20 Trunan Kota Magelang.

Dari yang sebelumnya hanya berdagang, kemudian pada tahun 2002 mulai produksi kerajinan kerang di Bandung. Selanjutnya, semenjak tahun 2004 kerajinan kerang laminasi tersebut mulai diproduksi di Magelang hingga sekarang.

Adapun bahan baku berupa cangkang dari kerang simping atau srimping. Bahan baku ini di luar negeri dikenal dengan sebutan capiz didapatkan dari laun Pantura Jawa.

"Kami mendapatkan bahan baku dari Gresik, Demak, Jepara, Brebes dan Cirebon. Biasanya sekali ambil bahan baku sekitar 6-7 ton," kata dia.

Adapun kerajinan kerang laminasi yang dihasilkan ini mulai dari vas bunga, tempat tisu, tempat buah, tempat snack, cermin kursi, meja, tempat sabun cair dan lain sebagainya. Bahkan, Kerajinan ini pun pernah menembus pasar Internasional khususnya Amerika Serikat.

"Tahun 2009, kami berhubungan dengan trading di Yogyakarta yang Ekspor"

Untuk saat ini, sering mengikuti berbagai pameran di luar negeri. Ia berharap dari pameran yang diikuti antara lain di Korea tahun 2017, Hongkong tahun 2017, Malaysia dan Inacraft.

"Nanti bulan April 2019, kami ikut pameran di Inacraft. Impian kami bisa ikut pameran kerajinan di Frangkurt Jerman."

Sumber : detik.com

1 comment:

Buletin Ads

loading...