Breaking

Monday, August 10, 2020

Tata Niaga Produk UMKM akan dibenahi

UKM Tenun
UKM Kerajinan Tenun
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan bahwa pihaknya tengah menyusun rencana untuk membenahi dan menata tata niaga produk UMKM di seluruh Indonesia

Untuk itu, Teten menekankan agar proses digitalisasi UMKM dipercepat karena tren market demand saat ini ada di marketplace online.

Hanya saja, Teten mewanti-wanti bila sudah terhubung dengan pasar online harus respon dengan cepat setiap permintaan. Selain itu, kapasitas produksi harus mempu memenuhi permintaan konsumen.

Terkait program pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), selain restrukturisasi kredit, subsidi bunga, subsidi pajak, dan pembiayaan baru, pemerintah juga akan merilis program tambahan berupa Bantuan Sosial (Bansos) Produktif.

Bansos itu diperuntukan bagi pelaku usaha mikro dan ultra mikro yang belum tersentuh lembaga pembiayaan. Program akan menyasar 12 Juta pelaku usaha yang masing-masing mendapat hibah modal sebesar Rp. 2,4 juta.

kerajinan tangan
Kerajinan Tangan Perabot Tanah liat

Selain itu, Teten mengajak para pedagang Pasar Blauran II untuk bergabung dalam wadah koperasi yang sudah ada.

Bunga dana bergulir bagi koperasi terbilang sangat murah, yakni 3% per tahun.

Dalam Kesempatan itu, teten juga menyebutkan akan terus meningkatkan program revitalisasi pasar tradisional seluruh Indonesia.


Sumber : www.beritasatu.com

7 comments:

  1. Bagus ni, sekoga dengan pergerakan UMKM indonesia bisa maju, dan trus berkembang

    ReplyDelete
  2. Pelaku UMKM sekarang harus dibekali ilmu digital marketing. Biar lebih mudah dijangkau lewat internet

    ReplyDelete
  3. Para pegiat umkm sekarng memang harus melek teknologi, terutama Internet, untuk mendorong kemajuan usahanya, apa lagi sekarang kementrian umkm sangat mendukung.

    >>iotomagz<<

    ReplyDelete
  4. Pemerintah memang harus bantu UMKM naik kelas agar UMKM berdaya di negeri kita ini.

    Semoga bukan PHP bantuannya ya pak mentri 🤭

    ReplyDelete
  5. Semoga UMKM di Indonesia makin diperhatikan dan berkembang dengan pesat. Semua terjadi bukan hanya dari pihak UMKM sendiri, tapi masyarakat harus memiliki rasa kecintaan pada produk dalam negeri.

    ReplyDelete
  6. UMKM bisa dikatakan adalah urat nadi perekonomian rakyat indonesia. Dan pada masa ini yang saya rasa pengembangan umkm serius.

    ReplyDelete
  7. Dengan adamya UMKM sangat membantu perekonomian negara. Memang harus diperharikan. Tapi kemarin saya dengar subsidi UMKM ada penundaan

    ReplyDelete

Buletin Ads

loading...